INFO
  •  Welcome to Boven Digoel 
  •  BIMTEK WEBSITE PORTAL OPD 
  •  " NUP BAGEN NGGUP BAGENNEP, NGGUP BAGENNEP NUP BAGEN ( SAYA ADA KARENA KAMU ADA, KAMU ADA KARENA SAYA ADA)". 

Berita OPD

SYUKURAN ATAS PELANTIKAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM (BAWASLU) KABUPATEN BOVEN DIGOEL

oleh: Dinas Komunikasi dan Informatika | Sabtu, 1 September 2018

Pesta  Demokrasi Pemilihan umum legislatif dan pemelihan umum presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan serentak di indonesia pada tahun 2019, tak ketinggalan Kabupaten Boven Digoel di wilayah perbatasan RI-PNG turut berpartisipati pada pesta demokrasi tersebut. Dalam proses pelaksanaan pesta dekomrasi tentunya banyak hal yang akan dilalui dari tahapan mulai dari proses pendaftaran, verifikasi berkas, penetapan nama calon peserta dan proses pemilihan umum.

Sekretaris Daerah Kabupaten Boven Digoel Evert Safuf ketika membacakan sambutan bupati mengatakan kehadiran Badan Pengawasan Pemilihan Umum (BAWASLU) dimaksudkan untuk melakukan pengawasan tahapan dan pencegahan pelanggaran Pemilihan Umum dan hal itu tertera dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dijelaskan bahwa BAWASLU merupakan salah satu dari penyelenggara PEMILU selain Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara PEMILU (DKPP). Secara  umum kewenangan utama Badan Pengawas PEMILU adalah mengawasi pelaksanaan tahapan PEMILU, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pidana PEMILU dan kode etik.

Selain itupula juga mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan netralitas anggota TNI/POLRI. Secara terincin tuga-tugas  BAWASLU tercatum dalam pasal 93 dan pasal 94, sedangkan kewenangan dan kewajiban BAWASLU terdapat pada pasal 95 dan 96 undang-undang nomor 7 tahun 2017.

  Berkaitan dengan telah dilantiknya Komisioner BAWASLU seluruh indonesia pada tanggal 15 agustus 2018, termasuk BAWASLU di Kabupaten Boven Digoel maka dipandang perlu untuk melaksanakan syukuran dan sosialisasi kehadiran BAWASLU pada hari rabu tanggal 29 agustus 2018.

 

Oleh sebab itu pemerintah dan seluruh masyarakat di kabupaten boven digoel menyampaikan selamat atas telah dilantiknya 5 (lima) orang Komisioner BAWASLU kabupaten boven digoel, sekaligus mengharapkan agar dapat bekerja dengan bik dan profesional agar penyelenggaraan PEMILU Legislatif dan PILPRES tahun 2019 di Kabupaten Boven Digoel pada khususnya dan indonesia pada umumnya dapat berjalan dengan aman, lancar, dekomokratis, berintegritas dan sukses.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :